Selasa, 06 Juni 2017

Salah Kaprah Puasa di Masyarakat

Kumpulan Salah Kaprah di Masyarakat:
"Apakah niat puasa harus setelah traweh?"
Tidak harus. Sudah boleh berniat puasa sejak maghrib. 
"O kukira orang gak ikut traweh gak bisa niat puasa romadhon."
Pelafalan niat puasa setelah traweh itu supaya orang ingat niat.
"Apakah batal puasanya jika mimpi basah di siang hari?"
Tidak batal. Cukup mandi janabah saja.
"Jika mimpi basah di malam hari, apakah sebelum subuh harus mandi janabah terlebih dahulu?"
Lebih baik mandi janabah terlebih dahulu. Puasanya tetap sah. Hanya saja, kalau mau makan wudlu terlebih dahulu jika masih dalam keadaan hadas besar.

Main HP Saat Khotbah Jum'at

Ane pernah jumatan di sebuah masjid ya. Bukan masjid dekat kontrakan. Ini ceritanya sedang perjalanan jauh. Pas khotib udah di mimbar, ada jama'ah sibuk dengan hapenya. Online. Gak cuma satu jama'ah, ada beberapa jama'ah sedang sibuk melototi layar hp.
Nah, yang seperti itu boleh gak Den?
"Enggak boleh Mas."
Bener. Itu termasuk perbuatan yang sia - sia. Sholat jum'at, mendengarkan khotbah, kesemuanya itu enggak cuma menghadirkan badan, asal duduk, asal gerak dalam sholat. Lebih dari itu. Menghadirkan badan, hati, pikiran, ketenangan batin.
Tulisan 'hp harap dimatikan saat khotbah', tulisan 'hp harap dimatikan', ya tujuannya supaya jama'ah gak mainin hp saat khotbah berlangsung. Supaya hp gak berdering saat sholat.

Share Foto Kenangan

"Bagaimana dengan share foto kenangan di facebook Mas?"
Boleh - boleh saja, tapi lihat - lihat juga.
"Lihat - lihat gimana Mas?"
Lihat - lihat dulu, temenmu ada yang sudah hijrah apa belum. Ada yang sudah berjilbab apa belum. Kalau sekarang dia berjilbab, kita share foto kenangan, kan rasanya gimana gitu ya. Kita harus menghargai dan mendukung, bukan malah mempermalukan, meskipun sebenarnya kita tak punya niatan untuk itu. Ini juga dengan teman laki - laki.
Wassalamu'alaykum, dari mas don.
"Kok cuma segini mas?"
Ya gak semuanya harus panjang Den.

Mimpi Basah

Sudah kita ketahui jika mimpi basah maka wajib mandi janabah.
"Kalau gak mimpi, tapi basah, bagaimana Mas Don?"
Maka dikembalikan kepada ciri - ciri basahnya itu seperti apa.
Ciri - ciri mani:
Keluarnya tersendat - sendat.
Keluarnya terasa nikmat.
Baunya seperti adonan kue / adonan tepung.
Jika kering, warnanya seperti putih telur. Keputih - putihan. Seperti keringnya keringat di kain yang membentuk "pulau - pulau".
Jika salah satu ciri di atas terpenuhi, maka itu mani. Wajib mandi janabah.

Niat Puasa Romadhon


“Niat puasa romadhon bisa dimulai sejak kapan Mas?”
Sudah boleh berniat puasa romadhon mulai maghrib Den. Karena niat puasa romadhon wajib dilakukan di malam hari untuk esok hari. Menurut madzab syafi’i setiap hari puasa romadhonnya wajib diniati.
“Niatnya seperti apa?”
Minimal “Aku niat puasa romadhon besok.” Sudah sah seperti itu. Harus disebutkan puasa romadhonnya. Yang panjangnya “Nawaitu shouma ghodin ‘an adai fardhisyahri romadhoni hadihissanati lillahi ta’ala.”

Tabel Qodho dan Fidyah


Ini adalah tabel qodho puasa dan fidyah dari Al-Bahjah Den, pengasuhnya Buya Yahya.
Dari nomer 1-3 jelas ya. 
Sedangkan yang nomer 4, adalah orang tua yang sudah tidak kuat lagi puasa. Kalau orang tua masih kuat puasa, maka tetap wajib puasa. Jika ditinggalkan, ia qodho, tidak fidyah. Ini seperti orang biasa pada umumnya.
Nomer 5. Orang bepergian bukan berarti harus tidak puasa. Itu adalah pilihan mau puasa atau tidak. Jika ia puasa ya bagus. Jika memilih tidak puasa, wajib qodho.
Musafir ini boleh tidak puasa dengan syarat saat subuh sudah ada di dalam perjalanan. Jika saat subuh masih di rumah, belum berangkat, berangkatnya setelah itu, maka ia tetap wajib berpuasa hari itu.

Tips Memilih Pasangan



“Memilih yang baik sholatnya ya Mas?”
Eh, ada Mbak Ayu.
Iya. Jika sholatnya rusak, rusak pula ibadah yang lainnya. Dalam rukun islam, sholat menempati urutan kedua setelah syahadat. Ia juga yang dihisab pertama kali.
Orang tidak sholat, ia juga tidak puasa. Memang kelihatannya puasa, enggak makan - enggak minum. Tapi rokokannya bas bus bas bus.
Seandainya ada orang yang tidak sholat, tapi ia puasa romadhon, beritahu aku Mbak Ayu.
“Eh, iya Mas.”
“Bilamana sholat seseorang itu baik maka baik pula amalnya, dan bilamana sholat seseorang itu buruk maka buruk pula amalnya.” (HR. Tabrani)
Wassalamu’alaykum, dari mas don.
-menikah itu untuk menentramkan jiwa-

Sholat Sunnah Jumat bagi Pekerja Kantoran

"Kerja kantoran. Mau jumatan gak sempat mandi jumat siangnya. Boleh tidak mandi jumatnya ketika akan berangkat kerja? Sekalian Mas."
Boleh. Ketika mandi pagi hari sekalian diniati untuk mandi jumat.
Niatnya "Saya niat mandi untuk sholat pada hari jum'at sunnah lillahi ta'ala."
Wassalamu'alaykum, dari mas don.

Mencari Berkah

Aku ini sedang mikir Den Bagus.
"Mikir apa Mas?"
Hujan.
"Hmmm, memang turunnya hujan disertai datangnya kenangan Mas Don. Kenangan masa lalu."
Jiah. Dari mana kau dapatkan kata - kata seperti itu?
"Tidak penting datangnya dari mana Mas. Wkwkw. Memang kenapa dengan hujan?"
Aku ini mikir. Tanah tandus, gersang, kering, diguyur hujan, beberapa waktu kemudian, didapati tumbuh - tumbuhan thukul (tumbuh) Den. Entah ilalang, rumput, atau apapun itu. Hujuan pula yang membantu penyerbukan, selain angin, kupu - kupu, dan kumbang.

Jika Sholat Sendirian di Mushola atau di Masjid

"Aku pernah sholat di sebuah mushola Mas. Pas masuk, ada jamaah sholat di shof belakang sendiri. Saking belakangnya, langsung membelakangi tembok Mas. Padahal shof depannya masih lengang, gak ada siapa - siapa. Mau bermakmum kok mepet tembok, takut kejengkang pas rukuk."

Wkwkwkw. Aku tahu situasimu Den.
Kamu coba mepet tembok ya, dari kepala sampai kaki mepet, lalu rukuk, kita kejengkang Den. Gimana yaendefinisikan kejengkang? Hehe. Jatuh ke depan lah ya. Rukuk lurus selurus tembok itu memang susah.